3. Game online dapat digunakan sebagai alat pemantauan untuk memantau aktivitas siswa selama pembelajaran. Game online dapat mengumpulkan data tentang perilaku siswa, seperti waktu yang dihabiskan untuk bermain game, tingkat keberhasilan siswa, dan bagian-bagian game yang paling disukai siswa. Data ini dapat digunakan oleh guru untuk memberikan pembelajaran yang lebih relevan dengan kebutuhan siswa.
KESIMPULAN
Game online memiliki potensi untuk menjadi media inovasi pendidikan yang efektif. Dengan menggunakan game online secara tepat, guru dapat menunjang inovasi pendidikan dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.
BACA JUGA:Jadi Ajang Promosi Potensi Wisata dan Seni Budaya Cirebon
Saran untuk Penggunaan Game Online di Pendidikan
Berikut adalah beberapa saran untuk penggunaan game online di pendidikan:
Pilih Game Online yang Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran
Guru harus memilih game online yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Game online harus dapat membantu siswa untuk memahami konsep-konsep abstrak, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, atau meningkatkan keterampilan kerja sama.
BACA JUGA:Masih Lagu Lama: Anggaran Minim
Gunakan Game Online Secara Terintegrasi dengan Metode Pembelajaran Tradisional
Game online sebaiknya digunakan secara terintegrasi dengan metode pembelajaran tradisional. Game online dapat digunakan sebagai pelengkap atau pengganti metode pembelajaran tradisional, tergantung pada tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Berikan Umpan Balik Kepada Siswa
Guru harus memberikan umpan balik kepada siswa setelah mereka bermain game online. Umpan balik dapat diberikan secara lisan, tertulis, atau menggunakan sistem penilaian otomatis.
BACA JUGA:Warga Tersiksa, Jalan Rusak di Harjamukti Makin Parah
Dengan mengikuti saran-saran tersebut, guru dapat menggunakan game online secara efektif untuk menunjang inovasi Pendidikan. (*)